Apa itu Audit atau Auditing?

Ketika pertama mendengar kata audit, terlintas dalam benak mengenai hal-hal yang menyangkut akuntansi, laporan keuagan, dan profesi auditor pastinya. Istilah audit juga sering disebut dengan auditing.

Dalam arti luas, audit merupakan Suatu proses sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai asersi-asersi tentang kegiatan dan kejadian ekonomi untuk menetapkan derajat kesesuaian antara asersi-asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Asersi merupakan representasi oleh manajemen yang dimuat dalam komponen, catatan, atau sistem laporan keuangan.

Terdapat perbedaan mendasar diantara akuntansi dan auditing yang dapat dilihat dari definisi masing-masing. Akuntansi merupakan proses yang menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan dan data keuangan lainnya, dan fungsi akuntansi merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan. Sedangkan auditing merupakan proses yang mengevaluasi dan menghasilkan kesimpulan-kesimpulan tentang informasi tersebut berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Contohnya ketika akuntan mencatat produk yang dikirim kepada pelanggan dan mencatatnya sebagai penjualan kredit, maka auditor tidak mencatat transaksi tersebut, melainkan mengumpulkan dan mengevaluasi bukti dan menyatakan kesimpulan apakah penjualan kredit tersebut telah secara benar ditunjukkan dalam laporan keuangan.

Berikut beberapa definis audit yang dikutip dari berbagai sumber:

Menurut Arens and Loebbecke (Auditing: An Integrated Approach, eight edition, 2000:9), Audit adalah kegiatan mengumpulkan dan mengevaluasi dari bukti-bukti mengenai informasi untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian antara informasi dengan kriteria yang telah ditetapkan. Proses audit harus dilakukan oleh orang yang kompeten dan independent.

Menurut The American Accounting Association’s Committee on Basic Auditing Concepts(Auditing: Theory And Practice, edisi 9, 2001:1-2) audit merupakan suatu proses yang sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif mengenai pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi dengan tujuan umtuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan serta menyampaikan hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.

Menurut William F. Meisser, Jr (Auditing and Assurance Service, A Systematic Approach, 2003:8) audit adalah proses yang sistematik dengan tujuan mengevaluasi bukti mengenai tindakan dan kejadian ekonomi untuk memastikan tingkat kesesuaian antara penugasan dan kriteria yang telah ditetapkan, hasil dari penugasan tersebut dikomunikasikan kepada pihak pengguna yang berkepentingan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s